Beranda | Artikel
Mengajarkan Doa Sebelum Tidur Kepada Anak
Selasa, 27 November 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Mengajarkan Do’a Sebelum Tidur Kepada Anak adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan tentang cara mendidik anak secara Islami (fiqih pendidikan anak). Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. pada 4 Sya’ban 1438 H / 01 Mei 2017 M.

Download mp3 kajian sebelumnya: Mengajarkan Adab Tidur Kepada Anak Agar Bernilai Pahala

Kajian Tentang Mengajarkan Do’a Sebelum Tidur Kepada Anak

Pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas empat adab. Ada adab menyegerakan tidur, tidak begadang, berwudhu sebelum tidur, membersihkan tempat tidur dan juga tidur dalam posisi miring kesebelah kanan. Setelah itu semua kita lakukan, maka adab setelahnya yang harus kita lakukan adalah membaca do’a sebelum tidur.

Selama ini, yang mungkin banyak difahami oleh kaum muslimin, bahwa do’a sebelum tidur adalah sekedar membaca:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا

Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup” (HR. Bukhari)

Memang betul do’a itu diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Akan tetapi satu hal yang harus kita ketahui bahwa do’a sebelum tidur tidak hanya itu. Akan tetapi, selain do’a ini masih ada bacaan-bacaan lain yang diajarkan untuk dibaca oleh seorang hamba sebelum dia tidur. Dan ternyata kalau kita lihat, kita akan menemukan manfaat yang sangat banyak ketika seluruh bacaan-bacaan itu kita praktikkan. Maka dari itulah, sangat dianjurkan untuk terus belajar dan jangan alergi dengan sesuatu yang belum kita ketahui seandainya memang ada dalilnya.

Ada sebagian orang yang ketika disampaikan ilmu kepadanya dan ilmu itu jelas ada dalilnya dari Al-Qur’an dan hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ternyata responnya mengganggap bahwa itu sesuatu yang aneh. Kalau memang betul-betul aneh dan tidak ada dalilnya maka jangan diikuti. Tapi jika aneh menurut kita sedangkan kita ini jarang membaca atau jarang ngaji, maka aneh menurut kita karena kita tidak tahu bukanlah alasan untuk menolak. Justru sebaliknya adalah ketika apa yang disampaikan kepada kita ternyata betul-betul ada dalilnya dan kita merasa aneh karena belum tahu, sebab dahulu masih kurang mendalami agama dan itu sangat mungkin. Karena kenyataannya dahulu ketika kita sekolah di sekolah dasar sampai di perguruan tinggi, pelajaran agama hanya mendapatkan dua jam dalam satu pekan.

Sehingga dalam kondisi seperti ini, wajar seandainya banyak ilmu agama yang belum kita ketahui. Karena kita jarang belajar. Ternyata dengan berjalannya waktu, alhamdulillah sekarang kita tergerak untuk mau ngaji, kita tergerak untuk menghadiri pengajian, untuk membaca, untuk menelaah dan ternyata kita temukan hal-hal yang baru yang belum kita ketahui dahulu. Maka jangan lantas kita merasa alergi dan menolak mentah-mentah. Coba dilihat dulu, apakah memang ilmu yang menurut kita baru itu ada dalilnya tau tidak. Kalau ternyata ada dalilnya dan jelas, maka harus kita terima.

Salah satu yang mungkin belum tahu adalah bahwa do’a sebelum tidur tidak hanya “Bismika allahumma amuutu wa ahya“. Akan tetapi banyak bacaan-bacaan yang dianjurkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk kita baca sebelum tidur. Diantaranya adalah membaca ayat kursi, surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas. InsyaAllah kita sudah hafal bacaan-bacaan ini.

Simak penjelasannya pada menit ke-09:21

Simak Penjelasan Lengkap dan Download mp3 Kajian Tentang Mengajarkan Do’a Sebelum Tidur Kepada Anak


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/45291-mengajarkan-doa-sebelum-tidur-kepada-anak/